Selamat Datang di Website Resmi AKBID Sismadi Jakarta, untuk daftar online silahkan klik dibawah ini :

Jumat, 17 November 2017

Laporan Pendidikan Wisuda dan Angkat Sumpah TA. 2016/2017

Ibu Kusuma Dini, Amd. Keb. MKM - Direktur AKBID Sismadi Jakarta



Hari ini Kamis, tanggal 9 November 2017, Kami civitas akademika Akademi Kebidanan Sismadi mencurahkan seluruh potensi dalam 3 tahun yang lalu untuk mensyukuri keberhasilan mahasiswi kami dalam membangun masa depan melalui Akbid Sismadi


Assalamu’alaikum Wr.Wb
Bapak ibu hadirin tamu undangan serta wisudawati yang kami cintai

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan Rahmat dan Nikmat-Nya serta memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga terselenggaranya prosesi wisuda pada hari ini.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan terlebih dahulu saya atas nama pimpinan dan seluruh civitas Akademika Akademi Kebidanan Sismadi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas bantuan dan kerjasama, yang telah terjalin selama ini. Sehingga, suksesnya Pendidikan Diploma III Kebidanan Sismadi pada hari ini merupakan hasil kerjasama, yang dibuktikan dengan adanya lulusan Angkatan XII Tahun 2016/2017.

Bapak ibu hadirin tamu undangan serta wisudawati yang kami cintai
Perkenankan kami menyampaikan laporan pendidikan Akbid Sismadi angkatan XII tahun 2017 dengan jumlah 36 wisudawati. Sebagaimana kita ketahui bahwa pertimbangan ilmu pengetahuan dan perkembangan pendidikan profesi bidan yang semakin meningkat, menuntut kualitas pelayanan yang bermutu dan bergagasan. Akbid Sismadi senantiasa berusaha meningkatkan kualitas lulusan dengan berbagai upaya. +  36 bulan perjalanan pembelajaran penempaan pentransferan pendidikan, guna meluluskan bidan yang kompeten dengan menyelesaikan kurikulum yang berorientasi pada kompetensi Bidan disetiap semester berupa teori maupun praktik, kemudian pelaksanaan studi kasus, penyusunan KTI, PRA UAP, UAP, Praktek Pemantapan (magang) dan Uji Kompetensi Nasional.
Tingginya tingkat persaingan dewasa ini khususnya Program DIII Kebidanan dimana saat ini di Indonesia sekitar 759 institusi Program DIII Kebidanan dan  sekitar 33 institusi berada di wilayah DKI Jakarta.

Kami menyadari dunia sedang mengalami perubahan yang signifikan………. Kondisi ini membuat kami Akbid Sismadi telah merumuskan kembali bahwa input, proses, output dan outcomes harus selalu bersinergis dengan dunia usaha dan industri. Karena peran dan fungsi pendidikan vokasi adalah untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan dibutuhkan industri saat ini dengan tetap memberikan nilai tambah baik kepada kemajuan ilmu pengetahuan, kebutuhan masyarakat, pemerintah maupun dunia usaha dan industri yang relevan.

Guna menyikapi hal ini salah satu strategi Akbid Sismadi adalah dengan melakukan Diversifikasi produk dan Pengembangan produk

Diversifikasi produk dengan menerapkan kurikulum berbasis komplementer sehingga lulusan Akbid Sismadi diharapkan selain mampu bekerja pada instansi kesehatan juga mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan tetap berada dalam koridor perempuan, ibu dan anak.

Learning Out Comes lulusan Akbid Sismadi dimasa mendatang tidak hanya turut berkontribusi pada peningkatan kesehatan Ibu, tetapi juga mampu membantu setiap perempuan dan Ibu untuk kembali ke fitrahnya yaitu tetap dan menjadi Indah. Indah dalam konteks kami tidak sekedar fisik, namun juga membantu perempuan dan Ibu agar mampu memberdayakan diri, karena Akbid Sismadi menyadari sepenuhnya bahwa kehidupan berumah tangga tidak hanya sekedar butuh seorang perempuan dan Ibu yang sehat.

Melihat kondisi dan kurikulum berbasis komplementer tersebut merupakan pasar yang saat ini banyak diminati oleh kaum perempuan, maka Akbid Sismadi mengimplementasikan dengan membuka produk baru berupa Health and Beauty Product bagi kalangan masyarakat umum

Bapak ibu hadirin tamu undangan serta wisudawati yang kami cintai
Dalam upaya membangun dan menjamin kualitas lulusan maka kami Akbid Sismadi melakukan sistem penjaminan mutu internal dengan berbagai evaluasi dan hasil evaluasi dirangkum dalam Indeks Prestasi Kumulatif, diperoleh tiga lulusan dengan predikat terbaik.
Bagi wisudawati yang saya sebutkan namanya (mohon berdiri dengan diikuti oleh orang tua)
  1. Peringkat III dengan IPK 3.54 diraih oleh Irma Kurniasih, putri dari Bapak Noerman Said dan Almh. Ibu Nurhana.
  2. Peringkat II dengan IPK 3.55 diraih oleh Rafika Rachmah, putri dari Bapak Rajiatno dan Ibu Sri Umamah.
  3. Peringkat I dengan IPK 3.76 diraih oleh Ani Pratiwi, putri dari Bapak Dadang Ibu Isrini.

Selain Sistem Penjaminan Mutu Internal, Akbid Sismadi dalam waktu dekat juga akan melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal yaitu Akreditasi LAM PTKes….. Mohon doa dari seluruh hadirin yang ada diruangan ini, agar Akbid Sismadi tetap memperoleh nilai B.

 
Bapak Ibu yang kami hormati,
Wisudawati ini adalah bagian dari sebuah generasi yang akan membangun negeri ini. Mereka telah menjadi PUTRI dan bagian dari kami di Akbid Sismadi, dan mereka adalah PUTRI harapan dan kebanggaan Bapak Ibu dirumah. 

Kami telah menumbuhkan putri KITA ini dengan berbagai program yang membuat mereka terampil dan berkompeten dalam menghadapi situasi dan kondisi terkini. Mari kita bersama-sama panjatkan kehadirat Allah S.W.T bagi kesuksesan selanjutnya.

Sekali lagi kami haturkan terima kasih atas kerjasama yang telah terbina.

Selamat teruntuk wisudawati yang telah mampu membuat orang tua bahagia dan bangga.

Selamat karena telah memilih untuk menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan.

Selamat memasuki sekolah kehidupan… kami tetap siap membimbing, karena RUMAH KITA, Akbid Sismadi memiliki Career Center yang selalu mendukung pengembangan alumni untuk maju dalam berkarer dan bekerja.

Selamat berkontribusi aktif turut serta mewujudkan derajat kesehatan untuk negeri ini demi penurunan angka kematian ibu dan Bayi, karena sentuhan pertama BIDAN adalah awal kebahagian keluarga.

Selamat terus menjaga ibu, anak dan keluarga agar tumbuh dengan bahagia, tenteram dan sejahtera, karena ibu adalah sekolah pertama bagi setiap generasi negeri.

Selamat jalan anakku…  Bismillah, semoga Allah S.W.T selalu melindungi setiap langkah yang berimpact, langkah calon pemimpin masa depan….. Aamiin YRA.

Harapan kami kepada semua undangan mohon untuk dapat membukakan pintu maaf, apabila dalam prosesi wisuda ini, sejak penerimaan sampai pada penyampaian kami ada yang kurang berkenan dihati.

Demikian laporan pendidikan yang dapat saya sampaikan.





Terima kasih
Wabillahi Taufik Walhidayah
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Grand Cempaka, 9 November 2017
Direktur




Kusuma Dini, AmKeb, SKM, MKM
NIDN : 0329107904

0 komentar:

Posting Komentar